obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
DAERAH
Jumat, 04 Jan 2013 23:18 WIB
-
Jalur Majenang ke Jawa Barat Putus
Majenang, ON: Jalur aternatif Wanareja-Majenang di jalur selatan Jawa Tengah dilaporkan tertimbun tanah longsor di ruas Desa Malabar, Kecamatan Wanareja, Cilacap, Jumat (4/1/2013) malam.
ilustrasi


"Material longsoran menutup seluruh badan jalan di tanjakan Malabar sepanjang 10 meter dan tinggi timbunan tanah sekitar 1 meter," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wasi Ariyadi melalui Kepala Subbagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis BPBD Cilacap Wilayah Majenang Sabar, di Majenang, Cilacap.

Menurut dia, tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 19.30 WIB tersebut juga menumbangkan sebuah pohon sehingga melintang di tengah jalan.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya telah meminta agar ruas jalan tersebut ditutup untuk sementara waktu, baik dari arah Majenang maupun Wanareja.

"Penutupan ruas jalan itu dilakukan agar tidak ada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor yang terjebak longsoran. Kami juga telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyingkirkan material longsoran," katanya.

Menurut dia, tanah longsor dilaporkan juga terjadi di ruas jalan Desa Karangsari, Kecamatan Cimanggu, dan Desa Maruyung, Kecamatan Karangpucung.

Menyinggung mengenai penanganan longsor di jalur selatan Jateng ruas Panulisan, Sabar mengatakan, hingga Jumat malam, upaya untuk menyingkirkan material longsoran yang menutup ruas jalan nasional ini masih dilakukan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah.

"Saat ini, tinggal satu titik longsoran yang masih dilembur, yakni yang berada di sekitar SPBU Panulisan," katanya.

Dengan demikian, kata dia, arus lalu lintas di jalur selatan Jateng masih dialihkan melalui jalan alternatif Ciopat-Langgensari-Kota Banjar.

Menurut dia, upaya menyingkirkan material longsoran yang menutup ruas jalan Panulisan sejak Kamis (3/1) malam tersebut tidak hanya melibatkan kendaraan berat dari Dinas Bina Marga Provinsi Jateng, tetapi juga dibantu oleh Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pihaknya meningkatkan kewaspadaan karena hingga Jumat malam masih hujan sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

"Bahkan, kami juga siaga terhadap kemungkinan terjadinya banjir di wilayah Majenang dan sekitarnya karena aliran Sungai Citanduy dari arah Tasikmalaya (Jawa Barat) meningkat sehingga aliran air dari Majenang melalui Sungai Cikawung sulit masuk ke Sungai Citanduy," katanya.


antara / gunawan

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA