obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
FOKUS
Jumat, 21 Sept 2012 19:08 WIB
Dikupas Tuntas New York Times
Jokowi Mendunia
Fenomena muncul dan suksesnya Walikota Solo, Joko Widodo alias Jokowi dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta ternyata tak luput dari perhatian media di luar negeri. Koran New York Times yang merupakan salah satu media cetak terbesar dan paling berpengaruh di AS ikut menyoroti kiprah Jokowi di Jakarta.
Tulisan Mengenai Jokowi di New York Times (nytimes.com)
 
Dua tulisan muncul di situs New York Times. Yang pertama berjudul Outsider Breathing New Ideas Into Jakarta Election, yang ditulis oleh Sara Schonhardt. Dalam tulisan itu disebutkan bahwa kampanye Pilgub DKI kadang mirip konser musik rock dengan yel-yel, acungan kepalan tangan serta baju-kotak-kotak yang bertebaran. 
 
“This is only the second time Jakarta residents have voted for their city’s leader directly, and Mr. Joko, with his signature checkered shirts and populist manner, has injected new enthusiasm into the process. In a country where politicians often come from a tight-knit elite or have ties to the late president and military strongman Suharto, Mr. Joko, best known by his nickname Jokowi, appears to represent a new breed of politician, analysts say [Inilah kali kedua rakyat Jakarta memilih langsung pemimpin mereka dan Mr Joko yang berciri khas baju kotak-kotak dan sikap populis telah menyuntikkan antusiasme baru dalam proses politik. Di negeri di mana politisi sering berasal dari lingkaran kaum elite yang sulit ditembus atau terkait dengan sosok mendiang Suharto, Jokowi muncul sebagai politisi jenis baru],” tulis New York Times.
 
Dikutip pula pendapat dari Douglas Ramage, analis dari Bower Group Asia yang juga spesialis Indonesia. “Para pemilih mencari pemerintahan dan bersih dan terpercaya. Sesuatu yang identik dengan partai sudah runtuh di Indonesia,” ujarnya.
 
 
Tulisan lain di New York Times mengenai fenomena keunggulan Jokowi dalam Pilgub Jakarta. (nytimes.com)
Sementara dalam tulisan berikutnya yang berjudul Challenger Appears to Have Edge in Jakarta Governor’s Race, Sara Schonhardt mengutip pendapat Dekan FISIP Universitas Pelita Harapan Aleksius Jemadu yang menyebut bahwa hasil Pilgub Jakarta menunjukkan kontras antara kandidat yang bergantung penuh pada dukungan mesin politik dan kandidat yang diyakini rakyat punya perhatian khusus pada kebutuhan mereka.
Dikutip pula pendapat Burhanuddin Muhtadi dari Indonesia Survey Institute. “Pemilih sadar bahwa Jokowi mungkin tak bisa mengatasi semua permasalahan, tapi mereka sudah kehabisan harapan dari Fauzi Bowo,” ujar Burhanuddin.


newyorktimes / Gunawan

BERITA TERKAIT

Content not found.
BERITA LAINNYA
Malang, ON : TNI AD akan membentuk satu divisi Kostrad di Papua. Langkah ini untuk menangkal aksi separatisme dan menjaga keamanan wilayah perbatasan.
Jakarta, ON : Pidato kemenangan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla dilakukan di Kapal Barang Phinisi dengan nama lambung "Hati Buana Setia", Selasa (22/7) malam. Kapal berwarna putih itu yang terbuat dari kayu itu bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.
Rabu, 23 Jul 2014 00:15 WIB

Korsleting, 4 Ruko Terbakar di Duren Sawit

Jakarta, ON : Kebakaran melanda sebanyak empat rumah toko (Ruko) di Jalan Wiajaya Kusuma, Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (22/7). Diduga, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB itu dipicu korsleting listrik dari saklar yang digunakan untuk pompa air di salah satu ruko yang digunakan usaha laundry.