obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
DAERAH
Minggu, 05 Mei 2013 00:03 WIB
-
Ibu Hami di Aceh Masih Percaya Mitos
Banda Aceh, ON: Para Ibu-Ibu hamil di Banda Aceh diminta untuk mengabaikan mitos yang selama ini berkembang di masyarakat dan telah berlangsung secara turun-temurun, karena mitos tersebut belum pasti kebenarannya.
-



Permintaan tersebut disampaikan Wakil Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal SE saat membuka acara seminar gizi untuk Ibu hamil, Sabtu (4/5/2013) di Aula Lantai IV, Gedung A, Komplek Balaikota Banda Aceh.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dengan Lovamil, salah-satu produk nutrisi khusus bagi ibu Hamil dan ibu menyusui.


Menurut Illiza, selama ini ibu-ibu hamil sering dipengaruhi oleh mitos-mitos yang berkembang di masyarakat, dimana mitos tersebut belum sepenuhnya benar jika dikaji dari segi medis.

Ia member contoh misalnya keluar malam harus bawa peniti dan bawang putih, mitos ini sudah berlangsung lama dan belum pernah dikaji dari sisi medisnya, apakah bermanfaat atau malah membawa mudharat dan masih banyak mitos-mitos lainnya seperti harus makan dua kali lipat dan lainnya,” ujar Illiza.

“Hal seperti ini kan tidak diajarkan dalam Islam, sebenarnya yang menjaga kita dan janin kita adalah Allah, lebih baik kita perbanyak zikir dan berdoa kepada Allah SWT,” pinta Illiza.

Untuk itu Wakil Walikota Illiza berharap, seminar yang dilakukan ini dapat membawa pencerahan dan menambah wawasan bagi Ibu hamail sebagai upaya untuk menjadi bahan referensi dalam merawat janin yang dikandungnya sesuai dengan ilmu kedokteran sehingga janin nantinya benar-benar sehat.


Sementara itu, Ketua panitia seminar yang juga petinggi dari Lovamil, Endang Sri Rahayu mengatakan seminar yang mengusung tema 'mitos-mitos tentang kehamilan dan persalinan serta fakta kebenaran menurut bukti-bukti ilmiah dan media' ini diikuti oleh 50-an ibu hamil yang ada di Banda Aceh.
Katanya lagi, untuk membahas secara mendalam hal-hal antara mitos dan fakta kebenaran menurut bukti ilmiah dan medis ini, panitia menghadirkan dr Taufik Wahyudi Mahadi Sp.Og sebagai pembicara.

“Kita berharap hadirnya dr Taufik akan memberi banyak pemahaman kepada Ibu-Ibu peserta dan memberikan banyak kesempatan bagi mereka untuk bertanya sepuas-puasnya,” kata Endan


rri / iast

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA