obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
LIPUTAN KHUSUS
Minggu, 28 Okt 2012 21:56 WIB
-
Nasib Tugu Dwikora Yang Terlupakan.
Nunukan, ON: Sekilas orang tidak akan menyangka bahwa tugu yang berdiri tegak didepan puskesmas Nunukan Kalimantan Timur adalah bangunan bersejarah bagi perjalanan bangsa Indonesia.
-

Tugu yang dicat biru dengan bagian atas bercat merah itu seakan tenggelam oleh megahnya bangunan puskesmas. Belum lagi kehadiran motor yang diparkir sembarangan di sekitar tugu saat puskesmas beroperasi akan semakin menenggelamkan kemegahan tugu setinggi lima meter yang di bangun dari kayu Ulin khas Kalimantan tersebut. Kesan terabaikan terlihat dari pagar sekeliling dari rantai besi yang satu satu mulai rebah tergerus karat.

Remaja di kota Nunukan pun hanya beberapa gelintir yang tahu akan keberadaan Tugu Dwikora, tugu peringatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam perang konfrontasi dengan Malaysia untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Padahal tugu yang diresmikan tahun 1968 oleh Dan Satgas Sigalajan/Dan Brigat-1 KKO AL yang ke 3 Ltk Kalim itu juga menjadi lambang Kabupaten Nunukan.

Keberadaan tugu bersejarah  yang kurang diperhatikan oleh pemerintah daerah disesalkan oleh mantan pejuang konfrontasi dengan Malaysia Sudjana.

Sebagai bangsa besar, seharusnya generasi penerus mampu memelihara keberadaan situs bersejarah bagi perjalanan bangsa ini. 

"Kami tidak minta apa apa, tapi tolong pelihara peninggalan bersejarah seperti Tugu Dwikora ini. Sebagai peringatan kepada anak cucu bahwa kita rela megorbankan jiwa dan raga demi keutuhan negeri ini,"ujarnya.

Pensiunan Prajurit KKO yang juga sesepuh pejuang dwikora ini menyesalkan jika pemerintah daerah tidak mampu melestarikan Tugu Dwikora yang dibangun tahun 1964 tersebut.

“Jangan ngriwuk tugu yang sudah ada. Harusnya tugu itu bebas dari bangunan disekitarnya. Sebagai bangsa yang besar hargailah perjuangan para pendahulu,”  katanya

Menurut Sudjana yangg masih aktif membuka praktek pengobatan di rumahnya tersebut, dengan memugar peninggalan pejuang terdahulu merupakan bukti bahwa generasi sekarang menghormati dan meneladani semangat perjuangan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah perbatasan.

   

Sukotjo / Gunawan

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA
Jakarta, ON : Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merasa jijik pada warga negara Indonesia yang mendukung Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) baik yang berada di luar negeri ataupun di dalam negeri.
Tokyo, ON Jepang menyumbangkan enam kapal kepada Vietnam guna membantu negara itu meningkatkan kemampuan patroli maritimnya di tengah sengketa wilayah dengan Tiongkok di Laut Cina Selatan.