obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
LIFESTYLE
Kamis, 27 Jun 2013 07:20 WIB
-
Lenka Tepati Janji dengan Shadow
Queensland, ON - Masih ingat dengan sosok penyanyi wanita asal Australia yang centil dan fasionable ini? Ia adalah Lenka Kripac. Setelah tampil dalam konser tunggal bersama dengan finalis X Factors Indonesia, Lenka kini menepati janjinya. Sebuah album baru berjudul Shadow pun resmi dirilis pada pertengahan Juni 2013 di bawah bendera Sony Music Entertainment.
Lenka
Shadow merupakan album ketiga Lenka. Sebelum Shadow, lebih dulu ia melayangkan Lenka (2008) dan Two (2011). Bila pada album pertamanya, Lenka menyuguhkan warna pop indie yang manis, maka pada album keduanya Two, ia mencoba tampil lebih dewasa. Bukan hanya dewasa dari penampilan saja, tetapi juga dari tema lagu yang ia sampaikan.
 
Sekarang kehadiran album Shadow apakah akan menjadi bayang-bayang dari dua album sebelumnya? Apalagi jika melihat dari judul album yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti bayangan. Ternyata jawabannya adalah Shadow merupakan penggabungan karakter Lenka yang pernah tertuang dalam album Lenka dan Two.
 
Setelah sukses meluncurkan dua album, Lenka memang sengaja memantapkan langkahnya sebagai musisi pengusung indie-pop yang manis dan menggemaskan. Konsepi yang manis tersebut juga didukung oleh vokalnya yang tidak hanya renyah namun terdengar sangat girlie. Dan lewat dua album sebelumnya, Lenka juga menegaskan bahwa musik pop manis tidak pasaran dan layak menjadi andalannya.
 
Album Shadow kali ini diisi dengan 11 buah lagu. Pada karya ketiganya ini Lenka akan membuat kita kembali terserap dalam rayuan manisnya. Namun, bukan hanya sekadar lirik yang manis, karena ada tersirat makna di setiap lagu-lagunya. Dimulai dari lagu Nothing Here But Love, Lenka seolah-olah mengindikasikan jika ia masih seorang Lenka yang sama. Pop manis dengan aransemen yang tak kalah manisnya.
 
Predikat Lenka yang sebagai gadis manis itu juga tertuang dalam lagu Faster With You. Ia mencoba memasukkan gimmick-gimmick retro dan elektro-pop dalam lagu yang justru bertutur dengan cukup lirih. Unik, karena gimmick dipadukan dengan lagu yang bertutur tentang perpisahan. Kombinasi ekstrim dan tak biasa ini justru mampu menghadirkan konsep yang “Lenka sekali”.
 
Sementara pada After The Winter ia bernyanyi lebih ceria dengan konsep feminim serta jangkauan vokal yang terbatas. Secara keseluruhan, dalam setiap lagu Lenka sengaja memilih tempo sedang. Hal tersebut memang diakui sangat mempersempit ruang gerak Lenka untuk mengeksplorasi estetika bermusiknya. Akan tetapi dibalik ruang sempit itu ada kelebihan lirik yang sangat manis dan melodius di setiap lagunya.
 
Coba simak dengan Honeybee yang merupakan lagu ciptaan Lenka bersama Jason Reeves. Bila lagu ini diberikan di penyanyi yang salah, maka lagu yang berjalan dengan sangat lirih ini akan terdengar seperti pengantar tidur yang sempurna. Namun oleh Lenka lagu ini seolah menjadi sebuah gambaran akan sebuah hubungan yang tidak berjalan dengan baik. Hasilnya lagu slow ini terdengar pilu dalam balutan lirik emosional.
 
Dalam Shadow juga ada kesan membara di dalam lagu-lagunya. Seolah-olah ia mencoba mengadopsi musik ala Beach House namun dalam konteks yang lebih ringan. Sebut saja Heart to the Party yang dipilih menjadi single jagoan. Terdapat latar suara berupa tepuk-tepuk yang menjadi pengiring saat Lenka bernyanyi. Latar suara tersebut otomatis mengajak pendengar untuk ikut mengawang bersama dirinya.
 
Berbeda dengan Beach House dalam Monster, Lenka menyuguhkan lagu yang terdengar kelam dan atmospheric. Namun tentu saja masih ada sentuhan manis Lenka di dalam lagunya.
 
Khusus untuk album barunya, Lenka dalam website pribadinya mengatakan bahwa The Shadows merupakan kumpulan lullaby untuk orang dewasa. Album yang berisi kumpulan lagu tentang kisah kelahiran, kematian, cinta, penyesalan, kepolosan, kemandirian dan juga hubungan.
 
"Album ketiga ini merupakan wadah untukku berbagi tentang apa yang kurasakan. Lewat album ini, pendengar bisa merasakan siapa Lenka. Pastinya dibandingkan dua album sebelumnya, menurutku album Shadow sangat sempurna dan menyentuh setiap sisi dan ruang hati manusia," kata Lenka.


abc / dbs / rayu

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA