obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
METRO
Senin, 01 Jul 2013 17:43 WIB
-
Batik Seraci jadi Rebutan Bekasi dan Jakarta
Bekasi, ON : Batik Seraci asal Tarumajaya, Kabupaten Bekasi menjadi rebutan dua wilayah yakni Kabupaten Bekasi dan Jakarta. Sejak batik menjadi trand mode, Batik Seraci mulai dipromosikan keberbagai daerah di nusantara. Namun sayang, bukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi yang melakukan promosi, justru Suku Dinas (Sudin) Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jakarta Utara yang mempromosikan Batik Seraci.
-

Selain itu, Sudin UMKM  Jakarta Utara juga telah mendaftarkan Batik Seraci sebagai produk unggulan Jakarta Utara. Padahal, Jakarta Utara telah memiliki Batik Pesisir sebagai ciri khas yang diliki Jakarta Utara.

Pada tahun 2012, Jakarta Islamic Centre (JIC) sebagai pusat pengkajian dan pengembangan Islam Jakarta menggelar program Halaqoh Betawi Corner tahun 2012. Dimana, JIC mengandeng Ernawati pemilik Seraci Batik Tarumajaya untuk ikut memaerkan hasil karya warga Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Tak hanya itu, Seraci Batik Tarumajaya juga terus dipromosikan disetiap daerah oleh Sudin UMKM Jakarta Utara.

“Batik Seraci sudah kami daftarkan di UMKM Jakarta Utara dalam promosi diberbagai daerah,” ujar Almond Daniel, Kasudin UMKM Jakarta Utara beberapa waktu lalu di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dikatakan Almond, Seraci Batik Tarumajaya memiliki ke khasan yakni Batik Betawi. Untuk itu, lanjutnya, ia mendaftarkan Seraci Batik Tarumajaya sebagai batiknya Jakarta yang dipromosikan diberbagai daerah.

Ernawati pemilik Seraci Batik Tarumajaya saat dihubungi beritabekasi.co mengakui, bahwa batik miliknya sudah masuk dalam daftar promosi di Jakarta Utara yakni Sudin UMKM Jakarta Utara. Hal tersebut dikarenakan Seraci Batik Tarumajaya memiliki motif batik Betawi  yang memang menjadikan khas Jakarta.

“Disetiap ada kegiatan di Jakarta, saya sering diajak untuk membuka stand. Mengenai Seraci Batik Tarumajaya didaftarkan di Sudin UMKM Jakarta Utara untuk dipromosikan disetiap daerah?, saya sudah tahu kok,” ucapnya.

Ernawati berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, dapat mengangkat batik lokalan sebagai icon daerah. Sebab, kata dia, pemerintah daerah hanya terfokus kepada promosi prodak dalam suatu pameran. Namun, tidak mempopulerkan batik lokal sebagai icon daerah.

“Antusias itu sudah bagus, tetapi ‘greget’ untuk mempopulerkan batik kurang optimal,” katanya.

Dikatakan Ernawati, Seraci Batik Tarumajaya  atau dikenal batik Betawi menjadi prodak lokal yang dibanggakan selain sebagai daya tarik pariwisata daerah.

“Saya menginginkan pemerintah daerah membudayakan batik lokal. Sementara, batik yang digunakan dari luar daerah Bekasi. Bahkan, yang banyak mempromosikan Seraci Batik Tarumajaya justru dari Jakarta,” ujarnya.

iast

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA
Jumat, 25 Jul 2014 11:00 WIB

Lapas Teroris Aktif, Polri Siap

Jakarta, ON : Kapolri Sutarman mengatakan pihaknya sudah siap sedia mengamankan lembaga pemasyarakatan (lapas) teroris di Sentul, Jawa Barat bila Kementerian Hukum dan HAM mengaktifkan lapas tersebut.
Jumat, 25 Jul 2014 13:50 WIB

Ini Kriteria Menteri Kabinet Jokowi

Jakarta, ON : Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya belum membahas susunan kabinet terbaru. Kemungkinan besar penyusunan kabinet dilakukan setelah Lebaran.
Jumat, 25 Jul 2014 14:50 WIB

Roket Hamas Hantam Sektor Pariwisata Israel

Washington, ON : Badan Penerbangan Federal AS, FAA membekukan seluruh jadwal penerbangan maskapai AS ke bandara internasional Ben Gurion, Israel demi keamanan.
Jumat, 25 Jul 2014 11:50 WIB

Kapolda Minta Warga tidak Takbir Keliling

Jakarta, ON : Polda Metro Jaya mengimbau warga tidak melakukan takbir keliling karena akan bisa mengganggu ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas. Apalagi takbir keliling menggunakan truk dan hingga naik ke atasnya.