obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
EKONOMI
Selasa, 06 Ags 2013 10:43 WIB
-
Rp1 Triliun, Investasi untuk Bangun Pabrik Gula di Malang
Malang, ON : Investasi Rp1 triliun bakal dibenamkan oleh PT Makassar Tene untuk membangun pabrik gula di Kabupaten Malang Jawa Timur.
-

Investasi dilakukan PT Makassar Tane, satu dari tiga investor yang lolos verifikasi untuk membangun pabrik gula di wilayah Jawa Timur.

"Semua perizinan, termasuk dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga sudah turun, sehingga hanya tinggal realisasi saja," tegas Bupati Malang Rendra Kresna di Malang, Selasa (6/8).

Salah satu persyaratan yang saat ini sedang diupayakan segera direalisasikan, kata Rendra, adalah menyiapkan lahan pertanian tebu untuk mendukung operasional pabrik gula (PG) sekitar 30 hektare.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh investor di antaranya adalah pembangunan pabrik harus di atas tanah ladang dan bukan di atas lahan pertanian dan pabrik gula baru jangan mengambil tebu dari luar Kabupaten Malang.

Selain itu, lokasi bangunan pabrik harus berjauhan dengan dua pabrik gula yang sudah ada, yakni Pabrik Gula Krebet Baru di Kecamatan Bululawang dan Pabrik Gula Kebon Agung di Kecamatan Pakisaji. Kedua pabrik gula ini menyumbang sekitar 20 persen dari total produksi gula nasional.

Menurut Rendra pabrik gula baru tersebut akan didirikan di Kecamatan Poncokusumo karena di daerah itu menjadi sentra tanaman tebu rakyat sehingga ketersediaan bahan baku terjamin. Saat ini luasan lahan tebu 42 ribu hektare dan lahan tebu yang tersisa dan belum ditanami seluas 37 ribu hektare.

Rendra mengemukakan kapasitas produksi PG baru nanti sekitar 12 ribu TCD. "Kapasitas produksinya memang cukup, sehingga membutuhkan lahan yang sangat luas," ujarnya.

Salah seorang petani tebu asal Gondanglegi Sanusi menyambut gembira terealisasinya pendirian pabrik gula baru dalam waktu dekat ini, sebab keberadaan dua pabrik gula di Kabupaten Malang saat ini masih belum mampu menyerap hasil panen tebu petani, sehingga sekitar lima juta kuintal tebu setiap tahunnya harus dijual keluar Kabupaten Malang.

Luas lahan tanaman tebu di kabupaten Malang sekitar 73 ribu hektare, namun yang terakomodasi di dua pabrik gula yang sudah ada itu hanya sekitar 30 ribu hektare. Sedangkan sisanya dilempar ke daerah lain.

"Kami berharap pabrik gula baru itu mempunyai teknologi baru yang mampu meningkatkan rendemen tebu petani, sebab saat ini rendemennya masih sekitar tujuh sampai delapan persen," ujarnya.

ant /

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA