obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
POLHUKAM
Selasa, 13 Ags 2013 19:50 WIB
-
Daftar Calon Legislatif Tetap Sedikit Berubah
Jakarta, ON : Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia akan mengumumkan Daftar Calon Tetap untuk calon anggota legislatif tingkat pusat pada 22 Agustus mendatang. DCT akan mengalami sedikit perubahan sesuai dengan masukan dan konfirmasi yang dilakukan terhadap daftar calon sementara (DCS) beberapa waktu lalu.
-
Itu dikatakan anggota KPU Ferry Kurnia Rizkyansyah saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (13/8). Sejumlah partai yang mengubah komposisi bacaleg dalam DCS perbaikan di antaranya Partai Amanat Nasional dan Partai Hati Nurani Rakyat. DCT merupakan hasil penetapan dari DCS perbaikan yang sudah ditindaklanjuti KPU dan parpol.
 
Di sisi lain, pengumuman DPT untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) akan dilakukan pada 29 Agustus mendatang. Ketua KPU Husni Kamil Manik menjelaskan pihaknya saat ini masih membuka pengaduan masyarakat untuk daftar calon sementara (DCS) DPD RI.
 
Pengaduan itu disampaikan kepada KPU Provinsi. Namun, KPU pusat tidak menutup kemungkinan akan menampung masukan masyarakat terhadap DCS DPD. "Masukan masyarakat soal calon sementara terkait DPD ke KPU Provinsi karena mereka yang lebih tahu daerahnya. Selain itu KPU sudah memberikan pelimpahan wewenang kepada provinsi untuk menghimpun laporan itu. Tapi sejauh ini belum ada perubahan untuk calon sementara DPD," tambah Husni.
 
Husni menambahkan KPU Provinsi berhak mengonfirmasikan kepada calon yang bersangkutan ketika ada masukan masyarakat terkait DCS DPD. Jika dalam konfirmasi atas aduan masyarakat itu tidak benar, calon sementara DPD akan ditetapkan secara sah sebagai calon tetap.
Sebaliknya, jika aduan masyarakat terbukti benar ketika dikonfirmasi, calon sementara DPD bisa dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon tetap DPD.
 
KPU sudah mengantongi 952 calon anggota sementara DPD yang memenuhi syarat berdasar verifikasi secara faktual. Angka bakal calon anggota DPD yang semula melamar sebanyak 1.033 orang. Beberapa tidak lolos karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan perundang-undangan.


iast

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA
London, ON: Dalam periode delapan hari, tiga pesawat penumpang hilang di angkasa. Beberapa kecelakaan terjadi dalam waktu begitu dekat bisa jadi hanya sebuah kebetulan, tapi benarkah begitu?