obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
POLHUKAM
Jumat, 20 Sept 2013 20:30 WIB
-
30 Oktober 2013, KSPI Rencanakan Demo Besar
Jakarta, ON : Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan akan menuntut pemerintah menaikkan upah buruh minimum 50 persen. Buruh juga memastikan akan melakukan demo besar pada 30 Oktober mendatang untuk mogok massal.
-

"KSPI dan elemen gerakan buruh lainnya akan mengumpulkan 100 orang pimpinan serikat buruh dan dewan pengupahan daerah unsur buruh se Indonesia pada tanggal 30 september. Yang direncanakan di Tugu Proklamasi Jakarta untuk membahas perjuangan kenaikan upah minimum secara nasional sebesar 50% dengan 84 item KHL (melalui negoisasi di dewan pengupahan daerah)," kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam siaran pers yang diterima pada Jumat (20/9).

Pihaknya memastikan, dirinya dan pimpinan organisasi buruh lainnya akan melakukan demo besar berupa mogok nasional pada 30 Oktober mendatang. "Kita mematangkan persiapan mogok nasional pada 30 oktober 2013. Yang akan dikuti 30 juta buruh di 200 kabupaten kota dan 20 provinsi," tambah Said.

Tak hanya menuntut upah minimum, Said juga akan menyuarakan jaminan kesehatan seluruh rakyat pada 1 Januari 2014 bukan bertahap 2019 serta isu mulai november 2013 tidak boleh lagi ada outsourcing kecuali untuk 5 jenis pekerjaan.

Said juga dalam kesempatan itu mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan buruh yang mengugat upah atau pesagon kepada pengusaha tidak ada batas kadarluarsa 2 tahun.

"Keputusan MK tersebut menunjukan bahwa upah dan pesangon adalah sesuatu yang penting dan melekat kepada setiap buruh yang telah menjalani pekerjaannya. Sehingga lanjut dia, tidak ada sesuatu apapun yang dapat membatasi ketika buruh menuntut hak dan pesangonnya. Sebab, untuk mendapatkan upah layak melawan upah murah (dan pesangon) adalah hak mendasar bagi buruh," sebut Said.

Menanggapi rencana mogok massal, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar berharap demo tersebut tidak membuat rugi pengusaha dan buruh bersangkutan. Muhaimin mengingatkan sudah ada kemajuan dari International Labor Organization (ILO) untuk upah buruh.

"Demonstrasi dan berbagai mogok ada aturannya. Yang penting gunakanlah itu sebagai mekanisme terakhirnya. Ada kemajuan di ILO dan movement of labor semua sekarang ada dialog yang jadi prioritas dibanding mogok maupun demo. Sebagai negara demokratis demo mekanismenya ada mogok juga ada mekanismenya yang penting jangan semua rugi," ingat Muhaimin sembari meminta semua pihak bersabar menunggu aturan UMP.

red /

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA