obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
DAERAH
Senin, 03 Des 2012 19:25 WIB
Gua
Gua Jaman Purba Ditemukan di Gunungkidul
Gunungkidul, ON: Sebuah gua yang diperkirakan berasal dari jaman purbakala ditemukan di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Saat digali, di dalam gua ditemukan ruangan dengan ketinggian delapan meter.
Warga menggali mulut gua
 
Gua ditemukan salah satu tebing yang ada di sekitar aliran Sungai Gari di Dusun Gondangrejo, Desa Gari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 
 
Menurut warga setempat, Pariyo, gua yang diperkirakan berasal dari jaman purbakala itu, ditemukan secara tak sengaja pada hari Minggu (02/12/12) siang. Awalnya, warga ingin menelusuri penyebab surutnya air di Sungai Gari dalam beberapa hari terakhir ini.
 
"Kita telusurui sepanjang aliran sungai, saat di lokasi, kita lihat air masuk ke sela-sela dinding tebing, karena penasaran, warga menggali dan ternyata ada lubang besar," kata Pariyo, Senin (03/12/12) siang.
 
Seorang warga sudah masuk dan menelusuri ke dalam gua itu. Mulut gua sangat sempit namun kian ke dalam, ruangan gua semakin lebar dan tinggi. "Warga sudah masuk dan katanya di dalam cukup luas, ketinggian dindingnya sampai delapan meter," jelas Pariyo.
 
Pariyo mengatakan, dari pengakuan warga yang telah masuk ke dalam gua, di dalam gua terdapat berbagai ornamen yang belum pernah ditemukan di gua-gua lain di Pulau Jawa. "Ruangan di dalam luas dan ada berbagai ornamen di dalamnya," papar Pariyo.
 
Sebelum ditemukan, sejak dahulu kala di Desa Gari memang telah tersiar cerita bahwa di wilayah itu ada sebuah gua jaman dahulu kala bernama Gua Sumurup. Namun, cerita itu seolah hanya legenda saja. Warga baru percaya setelah gua ditemukan.
 
Sejak gua ditemukan, warga secara bergotong royong melakukan penggalian untuk memperlebar mulut gua agar dapat di masuki. "Sekarang kalau mau masuk mesti merangkak, karena mulut guanya kecil," kata Pariyo.
 
Rencananya warga akan melaporkan temuan gua itu ke Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Warga berharap, gua itu dapat bermanfaat bagi masyarakat yang bermukim di sektarnya.


BAW / Muchawan / Gunawan

BERITA TERKAIT

Jumat, 21 Feb 2014 11:05 WIB
SBY Minta Makam Gua Londa Toraja Didaftarkan ke UNESCO
Jakarta, ON : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkesan dengan makam gua alam yang disebut Londa ketika ...
Senin, 17 Feb 2014 16:29 WIB
Gangguan Cuaca Bikin Produksi Minyak RI Meleset
Jakarta, ON : Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan produksi minyak ...
Kamis, 07 Feb 2013 18:49 WIB
Bulan Juli Pep Guardiola Tantang Barcelona
Muenchen, ON : Mantan Manajer Barcelona yang memutuskan untuk melatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola akan menghadapi ...
Rabu, 06 Feb 2013 05:30 WIB
Raul Gonzales Kunjungi Timnas Spanyol di Doha
Doha, ON : Dua mantan punggawa Timnas Spanyol, Raul Gonzales dan Fernando Hierro menyambangi hotel tempat timnas Spanyol ...
Sabtu, 19 Jan 2013 20:35 WIB
Ferguson Kaget Pep ke Muenchen
Manchester, ON : Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson kaget dengan keputusan Pep Guardiola yang memilih untuk ...
Sabtu, 19 Jan 2013 00:57 WIB
Pep Guardiola Manajer Termahal ?
Muenchen, ON : Media Jerman, mengabarkan bahwa Pep Guardiola menjadi Manajer dengan bayaran tertinggi mengalahkan ...
Jumat, 18 Jan 2013 02:09 WIB
Baggio atau Enrique yang Jadi Asisten Pep?
Roma, ON : Pep Guardiola sudah resmi akan menangani Bayern Muenchen mulai musim 2013-2014. Nah, siapa yang akan menjadi ...
Kamis, 17 Jan 2013 22:19 WIB
Schuster Ingatkan Pep Guardiola
Muenchen, ON : Mantan pemain Barcelona, Atletico Madrid dan Real Madrid serta manajer yang pernah menangani Real Madrid, ...
Kamis, 17 Jan 2013 22:00 WIB
Guardiola Pilih Muenchen Bukan Karena Uang
Barcelona, ON : Agen mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola yang kini berlabuh di Bayern Muenchen, Josep Maria Orobitg ...
Rabu, 16 Jan 2013 23:15 WIB
Pep Guardiola Resmi Latih Bayern Muenchen
Muenchen, ON : Pep Guardiola mengakhiri spekulasi ke mana dia akan melatih di tahun 2013 ini. Situs berita olahraga Sky ...
BERITA LAINNYA
Jumat, 25 Apr 2014 09:52 WIB

SBY Hadiri Peringatan Otonomi Daerah ke-18

Jakarta, on: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini akan menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-18 di Istana Negara.
Surabaya, ON: Proses penghitungan manual dalam rapat pleno rekapitulasi suara Pemilihan Umum Legislatif yang berlangsung di Hotel Singgasana Surabaya, selama dua hari ini dipindah ke Kantor KPU Jatim karena melebihi jadwal yang sudah ditentukan.
Kuala Lumpur, ON: Laporan awal Malaysia atas perkembangan informasi pencarian maskapai Malaysia Airlines MH370 akan dirilis minggu depan.
Jumat, 25 Apr 2014 09:23 WIB

Kebakaran di Pasar Senen, 2 Ibu Pingsan

Jakarta, ON: Kebakaran di Blok III Proyek Pasar Senen, Jakarta Pusat hingga kini belum juga padam. Api masih terlihat membakar kios-kios yang berada di lantai I. Tebalnya asap di sekitar lokasi membuat dua ibu jatuh pingsan akibat sesak nafas.