obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
RAGAM
Rabu, 26 Des 2012 04:55 WIB
Tradisi dan Budaya
Tradisi Lompat Unta di Yaman
Yaman, ON - Kalau para pria dari suku Nias jago olahraga Loncat Batu, maka pria suku Zaraniq yang tinggal di pantai barat Yaman, juga punya olahraga serupa. Namanya Lompat Unta.
Pemenangnya adalah yang Berhasil Melompati Barisan Unta Terbanyak
 
Inti dari olahraga ini adalah lari secepat mungkin untuk kemudian melompat dan melintasi sebanyak mungkin unta yang sedang berbaris. Pemenangnya adalah orang yang meloncati barisan unta terbanyak. Sebelum memulai olahraga ini, para peserta loncat unta memakai pakaian tradisional warna biru yang digulungkan di sekitar pinggang sebelum mereka meloncat.
 
Sebenarnya, tradisi lompat unta ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, namun sempat terlupakan. Olahraga ini mulai dikenal lagi sejak para anggota suku Zaraniq mulai mempraktikkannya lagi baru-baru ini. Suku Zaraniq memang terkenal dengan kecepatan, kekuatan, dan keberaniannya di seluruh Yaman.
 
Acara lompat unta biasanya berlangsung ketika ada acara pernikahan dan al-Khamis, yaitu festival tahunan yang menandai berakhirnya musim sawit dengan diiringi oleh tarian dan nyanyian.


dbs / rayu

BERITA TERKAIT

Kamis, 20 Des 2012 02:10 WIB
Ritual Berguling di 'Air Ludah'
India, ON - Lain ladang, lain belalang. Lain lubuk, lain pula ikannya. Ini merupakan pepatah Melayu kuno untuk ...
BERITA LAINNYA